Sushi: Ternyata Ada Banyak Jenisnya!

 


Sushi adalah salah stau kuliner dari Jepang yang sangat mendunia. Jika orang asing ditanya makanan apa yang kamu tahu dari negeri matahari terbit ini, sudah pasti hampir semuanya menjawab sushi. Apalagi dengan menjamurnya restoran Jepang di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Dapat dipastikan tidak ada yang tidak kenal kuliner yang satu ini.

Umumnya sushi merupakan sajian masakan berupa nasi yang digulung dalam balutan rumput laut dengan isian ikan mentah atau matang. Rasanya lembut karena tidak banyak rempah yang digunakan untuk memasaknya.

Namun, tahukah kamu kalau ternyata, sushi memiliki lebih dari 100 jenis?
Yuk kita intip beberapa jenis sushi yang ada dalam daftar berikut ini.

1. Nigirizushi

Pada nigirizushi, nori atau rumput laut tidak digunakan untuk membungkus nasi, melainkan untuk merekatkan lauk supaya tidak terlepas dari nasi. Ikan yang biasa digunakan untuk sushi jenis ini biasanya adalah ikan lemuru atau cakalang. Selain itu, hasil laut lain seperti udang, hingga bulu babi juga sering dipakai.

Cara memakannya sangat simpel, cukup celupkan sushi ke dalam kecap asin, lalu makan.

2. Chirashizushi

Dalam chirashizushi, lauk atau neta tidak dipotong kecil-kecil, nasi juga tidak dibentuk dan diletakkan di atas piring begitu saja. Biasanya neta diletakkan di atas nasi dengan bentuk sedemikian rupa. Tidak jarang buah-buahan juga dimasukkan sebagai hiasan.

3. Inarizushi
(Image by Marukome)

Berbeda dengan sushi lainnya yang biasanya dibungkus dengan nori, inarizushi biasanya dibungkus dengan aburage atau sejenis gorengan yang dimasak dengan kecap asin dan gula. Selain itu, inarizushi juga tidak berisi ikan karena aburage sendiri sudah mengandung banyak protein.

4. Oshizushi

Pada oshizushi, nasi dan neta dipadatkan dan dibungkus dengan daun seperti daun bambu dengan bentuk kotak. Biasanya sebelum dimakan, sushi yang berbentuk kotak tadi akan dipotong kecil-kecil supaya mudah dimakan.

Di beberapa daerah, sebutan untuk sushi jenis ini berbeda-beda.

5. Narezushi


Ini dia sushi yang paling tua. Pada zaman dahulu, sushi tidak dimakan dengan nasi dan rumput laut seperti sekarang. Sushi zaman dulu atau yang biasa disebut narezushi merupakan ikan yang difermentasi dengan nasi. Nasinya kemudian dibuang karena sudah tidak dapat dimakan lagi.

Sebelum dibungkus dengan nasi, ikan yang sudah dipotong-potong kemudian dilumuri dengan garam supaya tahan lama.

Agak mirip dengan ikan asin yang ada di Indonesia ya?

6. Makizushi

Sushi jenis ini mungkin adalah sushi yang paling sering kamu lihat. Makizushi adalah sushi yang berupa nasi yang berisi tamagoyaki, irisan ikan, dan potongan mentimun yang kemudian dibungkus dengan lembaran nori. Setelah itu, sushi digulung dengan alat bantu khusus yang disebut sudare, yaitu anyaman bambu yang biasa dipakai untuk menggulung sushi.

Diameternya biasanya berkisar antara 3 hingga 5 cm, tergantung dengan neta yang ada di dalamnya. Untuk memakan sushi jenis yang satu ini, biasanya cukup dengan mencelupkannya pada wasabi untuk menetralisir ikan yang masih mentah.

Itulah beberapa jenis sushi yang wajib kamu tahu. Jadi, jangan sampai salah pesan ya ketika makan di restoran Jepang. Nah, sushi mana yang jadi favorit kamu?

Post a Comment

0 Comments